Pengukuhan Mahasiswa, Rektor Unair Sampaikan Materi Antiterorisme Dan Paham Radikal

Pengukuhan Mahasiswa, Rektor Unair Sampaikan Materi Antiterorisme Dan Paham Radikal
Pengukuhan Mahasiswa, Rektor Unair Sampaikan Materi Antiterorisme Dan Paham Radikal. Universitas Airlangga (Unair) telah mengukuhkan ribuan mahasiswa baru di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C.

Dalam pengukuhan tersebut, Rektor Unair Prof Moh. Nasih menyampaikan materi antiterorisme dan paham radikal sebagai bekal.

Untuk tahun akademik ini total ada 6.640 mahasiswa baru. Secara simbolis, Nasih memasangkan jaket almamater kepada mahasiswa baru penerima bantuan pendidikan bidikmisi. Kemudian pengukuhan dilanjutkan dengan ikrar janji antiradikalisme.

Nasih menuturkan, mahasiswa Unair harus berperan penting bagi bangsa dan negara. Sejak zaman perjuangan kemerdekaan, mahasiswa menjadi aktor penggerak. “Mahasiswa Unair harus menjadi kreator peradaban,” tuturnya.

Sejarah bangsa tidak pernah lepas dari peran mahasiswa. Mulai Budi Utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928, Kemerdekaan 1945, hingga Reformasi 1998.

Salah satu caranya adalah dengan rajin belajar. Bukan hanya akademik, tetapi juga harus mampu mengembangkan kemampuan soft skill. Didukung karakter yang baik. “Harus bersifat sesuai semboyan kampus excellence with morality,” kata Nasih.

Nasih juga menegaskan, mahasiswa baru juga harus jeli dalam memilih organisasi. Jangan bergabung dengan organisasi dengan ideologi yang mengarah pada radikalisme.

Banyak organisasi yang memiliki ideologi jelas dan cinta NKRI. Misalnya, HMI, GMNI, PMII, dan KMNU. “Jangan bergabung dengan organisasi ekstrakampus yang tidak jelas,” tegas Nasih.

Comments

Popular posts from this blog

Sebanyak 652 Bahasa Daerah Di Indonesia Sudah Dipetakan Badan Bahasa Kemendikbud

Tampilkan Seni Budaya Yogyakarta, Pawai Mesemeleh FKY 30 Digelar Di Malioboro